Home / Lifestyle

Senin, 13 November 2023 - 09:47 WIB

Efek Konsumsi Gula Berlebih dan Tips Menguranginya

Efek Konsumsi Gula Berlebihan. (Pixabay.com/Saramukitza)

Efek Konsumsi Gula Berlebihan. (Pixabay.com/Saramukitza)

APAKABARJABAR.COM – Setiap makhluk hidup yang ada di dunia, termasuk juga manusia, itu memerlukan dan menyukai gula atau sugar.

Selain karena gula merupakan sumber energi atau sumber tenaga yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, hal ini juga karena gula memiliki rasa yang enak.

Gula, setiap harinya dikonsumsi manusia itu dalam jumlah yang banyak. Baik itu dalam bentuk gulanya secara langsung ataupun makanan serta minuman. Tak afdal sepertinya makan atau minum jika tak ditambahkan gula.

Namun, perlu diketahui, mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan itu berisiko menimbulkan berbagai macam masalah. Misalnya saja diabetes.

Nah jadinya supaya gula bisa tetap amanĀ  di dalam tubuh, ada baiknya kita menambah wawasan lebih dulu mengenai jumlah gula harian yang disarankan para ahli, agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Berapa jumlah aman gulan yang bisa kita konsumsi agar tetap aman di dalam tubuh? Jawabnya ternyata hanya 10% dari jumlah total kebutuhan kalori harian (200 kkal).

Jika dihitung, jumlah sebanyak itu sebanding dengan 4 sdm atau 50 gram gula setiap harinya. Dan angka ini juga berlaku terhadap anak-anak plus para orang dewasa.

Jika Anda termasuk orang yang banyak mengonsumsi gula, ada baiknya mulai sekarang Anda harus sudah kepikiran untuk mengurangi asupan gula.

Baca Juga :   Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin Tidak Amanah Kelola Uang Negara, Firli Bahuri Prihatin

Bahaya besar bisa mengintai hidup Anda jika Anda tetap mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak.

Sebaliknya, mengurangi konsumsi gula itu juga bisa membawa banyak manfaat. Misalnya saja manfaatnya sebagai berikut.

  1. Menurunkan Berat Badan

Ya benar, salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengurangi konsumsi gula adalah berat badan yang turun. Hal ini terjadi karena konsumsi gula sebenarnya tidak banyak membuat efek kenyang saat dikonsumsi.

Efek yang terasa hanyalah kenyang sesaat. Akibatnya, Anda bakal terus merasa lapar sehingga akhirnya Anda akan mengonsumsi semakin banyak lagi makanan. Terutama yang manis karena gula. Jika dilakukan terus menerus, berat badan badan akan naik dengan drastis. Pun sebaliknya.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Mengonsumsi makanan manis dalam jumlah yang banyak bisa membuat Anda berisiko terkena diabetes tipe 2. Yakni sebuah kondisi yang cukup kronis yang akan membuat tubuh Anda tidak bisa memproduksi hormon insulin.

Nah hormon insulin ini padahal memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh, yaitu memproses gula yang ada di dalam tubuh menjadi gula darah (glukosa).

Diabetes tipe 2 bisa dirasakan jika sudah muncul gejala sering buang air kecil, sering merasa haus, sering kelelahan, dan sering lapar. Karenanya, mengurangi konsumsi gula harus Anda lakukan secepatnya sebelum terjadi diabetes tipe 2.

  1. Mampu Mencegah Penuaan
Baca Juga :   Dari Masjid Al Lathief Bandung Jabar, Perjuangan Melawan Islamophobia Dimulai

Mengonsumsi banyak gula pasti akan membuat kadar gula di dalam darah akan sangat tinggi. Akibatnya, akan terjadi efek domino secara molekuler, namanya glikasi. Kondisi glikasi itu bisa menghambat perbaikan kolagen yang ada pada kulit.

Padahal kita tahu, kolagen memiliki peran di dalam menjaga kekencangan kulit. So, jika ingin selalu awet muda, ayo kurangi konsumsi gula sekarang juga!

  1. Bisa Membuat Lemak di Perut Hilang

Lemak di perut membuat Anda terlihat gendut. Lebih jauh dari itu, lemak perut juga bisa berpotensi memicu obesitas.

Jika sudah obesitas, penyakit kronis lainnya juga bisa masuk ke tubuh Anda. Dari mulai stroke, serangan jantung, kanker, hipertensi, dan bahkan hingga demensia.

Lemak perut terjadi juga bisa karena asupan gula yang tinggi, seperti soda manis serta makanan manis. Ayo batasi konsumsi gula sekarang juga, supaya potensi terkena penyakit serius bisa hilang dari tubuh Anda.

  1. Terhindar dari Penyakit Jantung

Lagi-lagi, penyakit yang kronis bisa menimpa Anda jika Anda mengonsumsi gula secara berlebihan. Hal ini terjadi jika di tubuh Anda kadar kolesterolnya tinggi.

Sekalipun karena kolesterol jahat, yakni (LDL), namun gula yang berlebih akan sangat bisa menyumbat dan menyempitkan pembuluh darah arteri. Ingat, kadar kolesterol jahat bisa naik jika konsumsi gula sangat berlebih.

Baca Juga :   Polda Jawa Barat Masih Dalami Kasus Narkoba, Gary Iskak Belum Jadi Tersangka

Mekanismenya, saat kadar gula di dalam darah Anda meningkat, maka tubuh akan melepaskan hormon insulin. Supaya kadar gula darah kembali normal.

Nah saat insulin dilepaskan, apalagi jika dalam jumlah yang banyak pembentukan kolesterol jahat LDL bisa lebih cepat juga. Jadi, ayo hindari mengonsumsi gula berlebih sejak dini,

  1. Tips Mengurangi Asupan Gula

Supaya Anda bisa terhindar dari risiko kena penyakit akibat konsumsi gula yang berlebih, ayo kurangi konsumsi asupan gula secepatnya. Supaya mudah di dalam mengurangi konsumsi gula, berikut ini tips yang bisa diterapkan.

  • Kurangi minuman manis
  • Hindari makan makanan dessert dengan gula berlebihan
  • Lebih jeli memilih produk makanan yang gulanya sedikit.
  • Makan makanan yang lebih banyak proteinnya
  • Ganti camilan yang ada di dengan menggunakan buah dan sayur
  • Sarapan lebih banyak makanan gurih daripada makanan manis

Itu dia beberapa hal mengenai efek konsumsi gula berlebih dan tipsnya. Pastikan Anda melakukannya sekarang supaya bisa terhindar dari penyakit kronis yangĀ  mengintai hidup Anda. Anda yang butuh gula, ayo ke Blibli. Di sana tersedia banyak brand gula. Sehat-sehat selalu!

 

Share :