100 Pembudi Daya Ikan di Cianjur Dilatih Membuat Pakan Ikan, Begini Target KKP

  • Whatsapp
Kepala Balai Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan KKP Sjarief Widjaja. /Dok. news.kkp.go.id

APAKABAR BOGOR – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan pelatihan kepada 100 pembudi daya di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat untuk membuat pakan ikan berbahan baku lokal dalam rangka mengurangi pemakaian pakan ikan komersial yang berbiaya tinggi.

Kepala Balai Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan KKP Sjarief Widjaja menjelaskan, pakan yang selama ini digunakan oleh pembudi daya ikan adalah pakan pabrikan yang memiliki harga tinggi.

Read More

Menurut dia, masyarakat cenderung merogoh kocek demi memenuhi kebutuhan pakan pabrikan karena dianggap mudah digunakan dan bernutrisi lengkap.

Baca Juga: Top, Anggun C Sasmi dan Luciano Pavarotti Dinobatkan sebagai Duet of The Years di Rusia

“Pakan merupakan komponen terbesar dari biaya produksi usaha budidaya yakni sebesar 50-70 persen. Namun karena pakan merupakan komponen terpenting dalam kegiatan budidaya, masyarakat masih lebih memilih pakan pabrikan yang cukup menguras kantong karena mudah dan lengkap secara nutrisi,” kata Kepala Balai Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan KKP Sjarief Widjaja seperti dikutip Hallobogor.com dari Antara di Jakarta, Minggu 4 April 2021.

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di media Hallobogor.com dalam artikel 100 Pembudi Daya Ikan di Cianjur Dilatih Membuat Pakan Ikan, Begini Target KKP

Related posts